Bakat, minat, IQ, dan potensi seorang anak secara tidak langsung akan diketahui melalui hasil psikotes. Walaupun mungkin ada beberapa yang kurang akurat hasilnya karena barangkali dalam pengerjaan soal-soal psikotes kondisi fisik dan hati anak sedang dalam keadaan kurang sehat, tetapi setidaknya hasil psikotes dapat dijadikan acuan mengenai bagaimana bakat, minat, dan potensi yang dimiliki oleh seorang anak.

Sabtu, 20 Juli 2019 menjadi hari yang sedikit menegangkan bagi kelas XII karena di waktu tersebut secara mendadak diadakan psikotes iq, bakat, minat, dan potensi santri dari para tester asal Cirebon yang sudah sekian lama bekerjasama dengan SMAIT Al-Multazam. Dikatakan mendadak, karena ada beberapa atau bahkan sebagian santri yang belum mengetahui bahwa Sabtu pekan ini akan diadakan psikotes. Melalui bimbingan konseling dan pengkondisian oleh wali asrama juga wali kelas, psikotes kelas XII pun terlaksana dengan lancar. Hal ini terlihat dari keseriusan mereka ketika mengerjakan soal psikotes yang sudah disiapkan para tester. Dalam waktu lebih dari 3 jam, santri kelas XII disuguhi dan harus mengerjakan soal sebanyak 100 buah, baik soal Tes Kemampuan Dasar (TKD), maupun Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA). Alhasil dari pelaksanaan tes psikotes ini, santri merasa sedikit mengalami bingung, pusing karena ternyata soal psikotes tidak semudah yang mereka bayangkan. Terutama pada bagian soal menggambar menghitung, dan soal-soal yang membutuhkan pemikiran logika secara mendalam. Bagi yang kurang suka menggambar merasa pesimis dengan hasil psikotes nanti yang akan mereka ketahui satu minggu atau satu bulan ke depan.

Tidak ada kesuksesan yang akan diraih tanpa adanya pengorbanan dan tentunya proses di dalamnya. Maka melalui pelaksanaan psikotes, setidaknya santri dapat mengetahui IQ, bakat, minat, dan potensi yang dimilikinya.
Walaupun dengan bertambahnya usia dan kenaikan kelas akan memengaruhi hasil psikotes, atau pasti akan ada perubahan hasilnya, tetapi setidaknya dengan melaksanakan psikotes, santri kelas XII mengetahui bakat dan minat yang mereka miliki selama ini. Sukses buat kelas XII

20/07/2019 -TimLiterasiSMAIT-

Please follow and like us:
error

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *