[SMAITAM] – Melalui kegiatan program “guru berbagi”, kembali SMAIT Al-Multazam menghadirkan sosok enerjik penuh semangat, Ustad Pahmi Patahudin, S.Pd. Dalam kesempatan ini, guru berbagi melalui ustad Pahmi, memberikan wawasan terkait pembelajaran abad 21 yang mesti berubah lebih menyenangkan, berbeda, penuh dengan kekondusifan, sehingga menjadikan peserta didik atau siswa ketika di sekolah dan di dalam kelas merasa seperti di taman yang menyenangkan bukan malah membosankan.

Pembelajaran abad 21 menjadi ajang perubahan dalam proses kegiatan belajar mengajar baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Guru dan siswa harus melek informasi dan dapat memanfaatkan serta menggunakan alat pemberi informasi melalui aplikasi-aplikasinya yang begitu canggih dengan baik.

Pengembangan Inovasi Guru Pembelajar melalui Microsoft dan Google menjadi materi pada guru berbagi kali ini.

Seiringnya perkembangan zaman pada abad 21, menuntut kita sebagai pengajar untuk terus melakukan inovasi dalam berbagai hal guna terciptanya proses KBM kondusif dan menumbuhkan kreativitas pada diri siswa. Maka teknologi digital melalui aplikasi-aplikasinya menjadi salah satu media pembelajaran menyenangkan, sehingga membuat siswa menyukai dan merindukan belajar. Tidak hanya imbasnya kepada siswa, pun pengajar atau guru juga lebih produktif menciptakan metode-metode mengajar menyenangkan dan mengasyikkan.

Berikut beberapa aplikasi pembelajaran yang dapat di manfaatkan diantaranya :
1. SPARKOLL VIDEO SCIBE
(aplikasi yang digunakan untuk membuat sebuah video dengan animasi tulis tangan yang menarik)
2. MICROSOFT SWAY
(aplikasi terbaru dari Microsoft Office, yang berfungsi untuk membuat presentasi, laporan maupun hal lainnya sesuai dengan kebutuhan. Keunggulan Sway dapat dipergunakan sebagai pembelajaran jarak jauh manakala guru tidak bisa masuk ke kelas karena ada urusan atau tugas dinas, dengan sway kita tinggal memberikan link kepada siswa kemudian siswa mengakses melalui gadget atau komputer.. *catatan harus terkoneksi Internet) contoh Microsoft Sway yang telah di buat : https:/tinyurl.com/pendidikanmultikultur
3. FILMORA
(aplikasi untuk mengedit atau menggabungkan beberapa video)
4. FREZII
(aplikasi/perangkat lunak untuk presentasi berbasis online/Internet didalamnya terdapat bingkai bingkai maupun animasi yang menarik)
5. RUMAH BELAJAR
(website yang dikelola oleh pemerintah, didalamnya terdapat banyak bahan ajar, perangkat pembelajaran, maupun bang soal yang dapat dimanfaatkan oleh guru maulun murid) link untuk mengaksesnya : https://belajar.kemendikbud.go.id
6. ENSIKLOMEDIA
(you tubenya dunia pendidikan, didalamnya terdapat video” tentang pembelajaran).

1/9/2018

Please follow and like us:
error

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *