UPACARA PERDANA SANTRI SMAIT AL-MULTAZAM AKHWAT

UPACARA PERDANA SANTRI SMAIT AL-MULTAZAM AKHWAT

SMAITAM (30/07) Mengawali awal Proses Pembelajaran setiap pekan sudah menjadi rutinitas SMAIT Al-Multazam melaksnakan Kegiatan Upacara Bendera. Upacara Bendera ini merupakan program sekolah yang mengacu pada Program Pendidikan Nasional. Direktorat Pembinaan Kesiswaan, Dikmen Dikbud menyampaikan bahwa upacara bendera adalah kegiatan pengibaran atau penurunan bendera kebangsaan RI Sang Merah Putih, yang dilaksanakan pada saat-saat tertentu atau saat yang telah ditentukan dihadiri oleh siswa, diselenggarakan secara tertib dan khidmat di sekolah.
Kegiatan ini dilaksanakan oleh petugas dan pembina dari santri serta dewan guru secara bergilir. Hal ini diselenggarakan sekolah demi terciptanya rasa disiplin dan tanggung jawab antar guru dan santri. Selain itu, kegiatan upacara dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
1. Membiasakan disiplin siswa. Karena dengan kegiatan ini santri dituntut untuk hadir tepat waktu serta konsisten berdiri tegap dan mengikuti intruksi dari petugas selama upacara berlangsung.
2. Membiasakan diri untuk berpenampilan rapi. Upacara bendera merupakan kegiatan khidmat dan formal maka kegiatan ini melatih siswa tetap berpenampilan rapi, karena sebelum kegiatan ini berlangsung, biasanya ada pemerikasan seragam sekolah yang dipakai santri.
3. Meningkatkan kerjasama antar siswa. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini kerjasama antar santri dapat terjalin khususnya dalam pengondisian santri. Dalam proses ini santri tidak dapat bekerja sendiri, harus ada tim yang solid demi terciptanya barisan yang rapi.
4. Menumbuhkan sikap kepemimpinan. Dari kegiatan ini pula dapat memberikan kesempatan kepada santri agar mampu memimpin jalannya upacara dengan baik. Di sinilah jiwa kepemimpinan tumbuh, sehingga mampu menjadi bekal untuk memimpin kegiatan ke depan.
5. Menumbuhkan jiwa nasionalisme serta cinta tanah air. Manfaat utama ini dapat tumbuh ketika jalannya upacara berlangsung terlebih saat pengibaran bendera. Dari kegiatan ini seluruh peserta upacara menghormati dan mengingat perjuangan dikibarkannya bendera yang menjadi simbol bangsa ini merdeka.
Sederet manfaat di atas adalah bagian dari upaya tercapainya tujuan pendidikan secara nasional. Semoga dengan kegiatan ini, santri mampu lebih berdisiplin dalam setiap kegiatan. *(PI)

Please follow and like us:
error

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *