Belajar Bersama, Bersama Belajar Menuju Semangat Baru SMA Islam Terpadu

Di saat sekolah lain masih menikmati detik-detik akhir liburan,
Di kala lembaga lain masih merasakan sejenak waktu santainya,
Ketika yang lain masih menikmati liburan bareng keluarga barang beberapa hari lagi, tapi tidak dengan Pondok Pesantren Al-Multazam. Salah satunya lembaga SMAIT Al-Multazam.

Kamis s.d. Sabtu, 12-14 Juli 2018, selama 3 hari SMAIT mengadakan pelatihan bersama terkait K-13 yang akan dilaksanakan mulai tahun pelajaran 2018/2019. Kegiatan pelatihan K-13 kali ini bertemakan “Dari Guru, Oleh Guru, Untuk Guru”. Dibuka oleh Waka Kurikulum didampingi pembawa acara dari bagian kesiswaan membuat pembukaan kegiatan pelatihan ini terasa khidmat sehingga tampak wajah-wajah semangat yang siap dengan ilmu yang akan diterima.

Sebagai pemateri pertama di hari pertama yaitu bagian dari kurikulum, Ustad Muhamad Saefudin, S. Si. yang menjelaskan mengenai pengetahuan dasar yang harus dipahami oleh guru-guru terkait K-13. Dilanjutkan pemateri kedua masih di hari pertama yaitu Ustad Ahmad Mulyana,S.Pd. dan Ustad Saeful Hadi, S.Pd. yang menjelaskan tentang analisis SKL, KD dan IPK dalam K-13.

Di hari kedua, Jumat, 13 Juli 2018, kegiatan pelatihan kembali dilanjutkan. Sebagai pemateri pertama yakni Ustad Iip Sopandi, S. Pd. Beliau lebih menjelaskan mengenai pendalaman analisis SKL, KD, dan IPK, dilanjutkan praktik pembuatan analisis sesuai dengan mata pelajaran masing-masing guru. Tidak mudah memang, tapi semangat para guru SMAIT sungguh luar biasa.

Selesai praktik, pelatihan tidak segera usai. Pemateri kedua, Ustadzah Yusi Pujiwarastuti, S.Sos. pun mengisi pelatihan dengan penuh semangat melalui metode bertukar pikiran, tanya jawab dengan para peserta pelatihan. Tak terasa dan begitu banyak ilmu yang kami dapatkan dari hasil pelatihan K-13 kali ini.

Ilmu tanpa praktik sama dengan nol, begitu sebaliknya. Maka di hari ketiga, Sabtu, 14 Juli 2018, mulai pukul 9.00 s.d. 12.00, kembali kami melanjutkan pelatihan K-13. Namun di hari ketiga, lebih pada praktik pembuatan perangkat untuk kemudian dikumpulkan kepada bagian kurikulum.

Alhamdulillah, akhirnya kami bisa bernapas lega karena perangkat hampir rampung dan siap menyongsong esok hari, Senin, 17 Juli 2018 bertemu, bersilaturahmi, bersua dan mendidik santri dengan penuh cinta dan sayang, Insya Allah hanya mengharap ridho-Nya.

#14/7/2018 – Ustadzah Wiwi Widuri#

Please follow and like us:
error

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *